Ketahui Arti Pernikahan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Written by Chiara Octora

April 9, 2020

Pernikahan itu…apa sih?

Seperti yang telah dijelaskan di wikipedia, bahwa pernikahan adalah suatu acara yang diadakan oleh dua pasangan yang telah meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum dan norma sosial.

Setiap pasangan pasti mau untuk melanjutkan hubungannya ke tahap pernikahan, apalagi kaum milenial yang telah lama menjalin hubungan.

Kapan nih kamu dilamar sama si dia?

Jangan sampai, deketnya sama kamu…ehh nikahnya sama yang lain. Amit-amit yaa..

Dalam acara pernikahan, ada 2 proses yang umum kamu lalui.

1. Akad Perkawinan

Setiap agama memiliki pengucapannya sendiri pada proses ini, tapi aku gak bahas ya. Aku hanya memberikan gambarannya aja, bahwa agama apapun sama.

Yaitu mengucapkan janji, yang akan dijadikan sebuah tanggung jawab kepada pasangannya, juga tuhan. Janji yang sudah kamu ucapkan juga tertulis, dan disaksikan oleh orang lain loh!

Jadi, jangan main-main sama proses ini ya.

2. Resepsi Pernikahan

Resepsi atau pesta pernikahan tidak bersifat wajib kok! Jadi kalau gak kamu lakuin juga gak dosa.

Namun, di zaman sekarang ini, resepsi merupakan hal yang wajib untuk sebuah gengsi dan orang sekitar. Karena ada yang kurang rasanya, kalau menikah tapi tidak pesta..

..akhirnya banyak yang melakukan pesta dengan berbagai macam cara. Ada yang berhutang, menabung pakai uang sendiri, memakai uang orang tua, atau mengadakan pesta seadanya.

Tapi, buat kamu yang berhasil melakukan pesta tanpa berhutang dan meminjam, kamu hebat banget!

Atau pesta seadanya, dengan mengumpulkan uang sendiri itu lebih asyik!

Kamu jadi paham arti berjuang demi sesuatu yang kamu inginkan, dalam jumlah yang tidak sedikit tentunya.

Semangat cari modalnya ya! Jangan lupa, kamu ajak si dia buat patungan modal menikah. Karena menikah, bukan tentang kamu saja. Tapi berdua.

Proses Tambahan, ini bisa dipakai atau enggak kok.

3. Upacara Adat

Nah, point ketiga ini berhubungan dengan resepsi atau pesta pernikahan.

Sifatnya juga gak wajib kok! Tapi buat kamu yang mau melakukan pesta disertai upacara adat, ya sah-sah aja.

Yang penting, dibayar tunai ya hehe.

Upacara adat merupakan suatu rangkaian upacara yang dilakukan sesuai dengan adat dan budaya kedua mempelai. Atau ada juga yang melakukan salah satunya saja, bila kedua mempelai berasal dari suku berbeda.

Ada apa aja sih upacara adat yang biasa dilakukan?

Simak di artikel selanjutnya yaa.

You May Also Like…

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. 7 Macam Adat Pernikahan Yang Umum Di Indonesia - […] segitu pengetahuan hari ini mengenai upacara adat. Jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai arti pernikahan […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *